Monday, December 26, 2016

Why or Why not - Rekka Katakiri ft. Oshima Hiroyuki [Higurashi ending song]



Youtube

Lagu ini ending song dari anime Higurashi no Naku Koro ni. Tentang tragedi-tragedi di Higurashi, tapi kemaren-kemaren gua sering dengerin ini pas ada masalah di kelas. Beberapa lirik pas aja ama suasana hati gua.

Lagu ini aslinya emang pake bahasa inggris full jadi tentu ga ada romajinya kayak yang biasa gua tulis. Makanya khusus lagu ini gua (coba) translate (sebisanya) ke bahasa Indonesia.

Original Lyrics
Aaa...

To get my happiness I had done everything
but had done nothing to be blame and accused of
The sound of footsteps became louder everyday
Then I noticed the fact there was no time.

I was a believer in life to be myself always,
and was asking whether I would be alive.

Give me a reason why not to adopt in this way,
or judge me to be guilty of so many incurable sins.
Tell me why, or why not. Complaining way too much,
maybe I overlooked something fatal for me.

The whole world was at a complete standstill,
and I was in fetters, at the mercy of the mob.
The silent warning became louder everyday
Then I keep pretending not to hear.

The meaning had been in the eyes of the beholder all along.
It had grown dark before I found a sign.

"Among the nonsense tragedies, what on earth you are looking for?
You only have to be honest to yourself and your own fate."
Tell me why, or why not. Complaining way too much,
maybe I overlooked something fatal for me.

There is nobody who knows there will be nobody
Except for me, all the world has gone mad

So what is forgiveness you are willing to withhold?
What is the well-being you are willing to make?
Now what? So what? Don't you came interrupt me, oh please, while I am interrupting myself.
Aaa...

Indonesia lyrics
Untuk mendapatkan kebahagiaan aku telah melakukan segalanya
tetapi tidak melakukan apa pun untuk disalahkan atau dituduhkan
Suara langkah kaki menjadi terdengar lebih keras setiap harinya
Lalu aku menyadari kenyataan bahwa tidak ada waktu lagi

Aku adalah orang yang percaya dalam hidup untuk selalu menjadi diriku sendiri
dan bertanya apakah aku akan hidup.

Beri aku alasan mengapa tidak mengambil cara ini
atau menilaiku bersalah atas banyak dosa yang tidak bisa dimaafkan
Katakan padaku mengapa, atau mengapa tidak. Mengeluhkan cara terlalu banyak,
mungkin aku mengabaikan sesuatu yang fatal bagiku

Seisi dunia berada pada keadaan terhenti sempurna
dan aku terbelenggu, di bawah kekuasaan sekelompok orang
Peringatan yang sunyi menjadi terdengar lebih keras setiap harinya
Lalu aku berpura-pura tidak mendengar

Suatu makna telah di depan mata yang melihatnya selama ini
Semua menjadi gelap sebelum aku menemukan tanda

"Di antara tragedi yang tidak masuk akal, apa yang kau cari di bumi ini?
Kau hanya harus jujur pada dirimu sendiri dan pada takdirmu
Katakan padaku mengapa, atau mengapa tidak. Mengeluhkan cara terlalu banyak,
mungkin aku mengabaikan sesuatu yang fatal bagiku

Tidak ada seorang pun yang tahu, tidak akan ada seorang pun
Kecuali bagiku, seluruh dunia sudah menjadi gila

Jadi pengampunan apa yang tidak mau kau berikan?
Kebahagiaan apa yang mau kau buat?
Sekarang apa? Jadi apa? Jangan kau datang mengangguku, tolonglah, sementara aku mengacaukan diriku sendiri

Source
http://www.animelyrics.com/anime/higurashinnkn/whyorwhynot.htm
Terjemahan Indonesia oleh Nuzula

No comments:

Post a Comment