Wednesday, July 17, 2019

Solusi Mengatasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes



Saya termasuk orang yang sering menatap layar gadget seperti smartphone maupun laptop. Apalagi kondisi kesehatan mengharuskan saya berada di rumah, sehingga kegiatan yang tiap hari saya lakukan adalah bermain gadget. Saya mencari kegiatan sampingan dengan berjualan online. Untuk itu saya menggunakan gadget untuk berjualan online, atau browsing mencari referensi untuk saya posting di akun online shop saya di Instagram. Terkadang saya juga sekedar menulis iseng di laptop.



Saya juga membaca novel di waktu senggang saat tak terima orderan. Saya suka membaca novel sejak dulu, banyak sekali koleksi novel saya, ada novel lama maupun baru dibeli. Dan parahnya saya sering membaca dan menatap gadget di bawah AC, bahkan kadang di depan kipas angin. Sehingga tidak butuh waktu lama bagi saya mengalami mata kering.

Mata kering merupakan kondisi dimana mata kekurangan air mata sebagai pelumas alaminya. Mata yang terus beraktivitas menyebabkan air mata menguap lebih banyak, mata akan kekurangan kelembabannya sehingga menimbulkan gangguan mata kering.


Gejala Mata Kering



Untuk mengetahui kapan mata menunjukkan kondisi kering, kita harus mengenali gejalanya. Gejala mata kering terdiri dari mata sepet, mata pegel, dan mata perih.

1. Mata Sepet

Mata sepet merupakan kondisi mata lengket, sulit terbuka, dan rasa tidak nyaman. Mata sepet sering kita rasakan ketika kita menatap layar smartphone terlalu lama.

2. Mata Pegel

Mata pegel merupakan kondisi mata lelah yang terasa seperti pusing di area mata. Mata pegel atau mata lelah dapat terjadi akibat mata terlalu fokus saat menatap layar komputer terlalu lama.

3. Mata Perih

Mata perih adalah kondisi dimana mata terasa sakit dan nyeri, seperti ada benda asing masuk ke mata. Mata perih terasa ketika mata terkena angin, misalnya saat kita berada di ruangan AC terlalu lama.


Penyebab Mata Kering


Banyak faktor yang menyebabkan mata kering, baik dari dalam maupun dari luar. Masalah mata kering saya kebanyakan diakibatkan oleh faktor luar. Selain itu, tidak hanya lingkungan di luar rumah, mata kering pun bisa saya alami walau hanya berada di rumah.

Berikut adalah penyebab mata kering yang saya alami.

1. Menatap layar gadget terlalu lama



Membuka gadget menjadi hal yang rutin saya lakukan. Bahkan saya sanggup membuka gadget berjam-jam non stop. Saat memainkan gadget, kita akan jarang mengedipkan mata akibat terlalu fokus pada gadget. Kondisi ini akan membuat mata cepat kering, karena mata tidak mendapat pelumas yang sesuai.

2. Terlalu lama membaca



Membaca buku banyak disukai terutama membaca novel kesukaan kita, termasuk saya. Sama seperti saat menatap layar gadget, jika membaca terlalu lama tanpa sering mengedipkan mata, ditambah pencahayaan yang tidak tepat, mata akan cepat lelah dan menjadi kering.

3. Terpapar angin



Tidak hanya suka berada di ruangan berangin, saya kalau memainkan gadget atau membaca buku selalu di depan kipas. Jika berada di ruangan AC maupun kipas angin, mata akan lebih mudah terpapar angin. Mata yang terpapar angin akan lebih mudah kering dan perih.


Solusi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes


Memang masih banyak orang yang menyepelekan gangguan mata kering, termasuk saya. Karena saya tinggal membiarkannya saja sampai mata lebih baik.
Saya cukup menghentikan aktivitas bermain gadget, atau tiduran sambil memejamkan mata. Itu pun hanya sebentar saja, setelah itu saya kembali melakukan aktivitas melihat layar gadget lagi.

Saya menyadari kalau mata kering dibiarkan akan berakibat fatal. Mata kering yang dibiarkan akan menjadi peradangan pada mata, akibatnya akan timbul infeksi bakteri tambahan.

Solusi mata kering yang bekerja cepat untuk saya adalah menggunakan obat tetes mata. Namun setelah saya browsing di internet, ternyata tidak semua obat mata bisa mengatasi mata kering. Jika pakai obat tetes mata tanpa melihat kegunaannya, justru akan membuat mata semakin kering bahkan sampai iritasi.

Salah satu merk obat tetes Insto, sudah mengeluarkan produk tetes mata khusus untuk mata kering. Selain Insto Regular, sudah tersedia Insto Dry Eyes, obat tetes mata khusus untuk solusi masalah mata kering.

Insto Dry Eyes


Insto Dry Eyes adalah obat tetes mata yang berfungsi melumas mata sehingga mata kering akan kembali lembab. Insto Dry Eyes tiap mL mengandung bahan aktif Hydroxyprophyl methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg. Kedua bahan aktif ini mampu mengatasi kekeringan pada mata.

Hydroxyprophyl methylcellulose merupakan senyawa semisintetik untuk melumasi mata kering. Sementara Benzalkonium chloride merupakan zat antiseptik untuk mencegah infeksi bakteri.

Insto Dry Eyes berfungsi sebagai air mata buatan, dengan meneteskan Insto Dry Eyes mata akan terjaga kelembabannya, selain itu aman dan nyaman digunakan. Selain itu, Insto Dry Eyes juga mampu meringankan iritasi mata yang diakibatkan oleh kurangnya produksi air mata.

Dosis pemakaiannya cukup diteteskan 1-2 tetes saja. Insto Dry Eyes dapat digunakan 3 kali sehari, atau bisa disesuaikan dengan petunjuk dokter.



Kenapa Pilih Insto




Dari semua obat tetes mata saya hanya mempercayakan Insto. Berikut bahasan mengapa saya menggunakan Insto Dry Eyes untuk mata kering.

1. Obat Mata Terpercaya

Insto adalah merk obat tetes mata di bawah naungan Combiphar. Combiphar merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1971. Combiphar telah memproduksi banyak produk kesehatan berkualitas yang telah dipercaya konsumen. Insto sebagai obat tetes mata juga sudah dipercaya masyarakat dalam mengatasi penyakit ringan pada mata.

2. Obat Mata Andalan Keluarga

Sejak dulu keluarga saya selalu sedia Insto sebagai obat tetes mata andalan. Jika ada yang menderita sakit mata berupa irutasi ringan, kita selalu pakai Insto Regular. Sekarang untuk masalah mata kering pun kita tetap pakai Insto, namun khusus mata kering tidak bisa pakai Insto Regular. Untungnya sudah ada Insto Dry Eyes yang dibuat khusus untuk mata kering.

3. Mudah Ditemukan dan Harga Terjangkau

Insto Dry Eyes ini mudah ditemukan di mana-mana. Kita bisa membelinya di apotik dekat rumah, minimarket, supermarket, maupun drugstore. Selain itu harganya juga sangat terjangkau, untuk satu botol ukuran 7,5 mL harganya hanya berkisar 16.000 rupiah.




Saya masih melakukan kebiasaan berlama-lama menatap layar gadget untuk beraktivitas berjualan online maupun browsing. Kalau gejala mata kering saya mulai muncul, saya segera menghentikan aktivitas membuka gadget, lalu mengambil Insto Dry Eyes. Lalu saya tinggal meneteskan Insto Dry Eyes sebanyak 1-2 tetes, mata saya langsung terasa segar dan lembab kembali. Saya bisa melanjutkan aktivitas saya kembali.

Dengan adanya Insto Dry Eyes, saya tidak perlu menghabiskan hari-hari dengan mata kering yang mengganggu. So, bye bye mata kering!





Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Insto Dry Eyes Blog Competition.

3 comments: