Wednesday, May 21, 2014

Sedikit Tips SBMPTN

Umm.. halo.
Oh ya, kemaren abis pengumuman UN ya? Selamat yaa buat adek-adek yang lulus UN. Gimana nilainya? Memuaskan? Kalo nggak pun jangan kecil hati, gua pun pas-pasan.

Oke, gua bagi-bagi ini tulisan sekalian menularkan kestress-an gua, selamat yang lagi sibuk belajar en bimbel sana-sini buat SBM dan kawan-kawannya.
Mungkin diantara lo-lo pada ada yang nunggu pengumuman SNMPTN dulu. Tapi nggak ada salahnya daftar SBMPTN juga. Jangan kegeeran sama hasil SNMPTN dulu baru gubrak-gubruk belajar dan daftar SBMPTN.

Waktu itu gua ngeliat tentang SBMPTN di timeline twitter, ternyata gua masih follow twitter @infoSNMPTN sementara orang-orang yang beruntung mungkin udah unfollow akun twitter itu hoho. Gua jadi terkenang masa-masa ujian kelas 12. Ujian praktek (bagi anak IPA), UN, plus SBMPTN kenyang dilahap abis. Juga lagu Alluring Secret ~Black Vow~, Proof of Life, Soundless Voice, dan Onegai, Sekai yang selalu nemenin gua waktu belajar buat SBMPTN di rumah hehe (wait, kenapa ya gua dengerin Proof of Life sama Soundless Voice buat belajar, entah, untunglah gua gak nangis-nangis sambil belajar). Paling berkesan sih SBMPTN dimana orang-orang mulai digenjot belajarnya biar dapet tempat kuliah, soal-soalnya aja luar binasa banget. Karena SBMPTN itu tes selektif, bukan tes evaluatif kayak UN. Pasti ada yang terpilih, ada juga yang belum beruntung.

Ya.. meski gua bukan motivator dengan status fb atau twitter yang bisa ngundang banyak likes, guru bimbel, atau kakak mentor yang bisa bikin hati adek kelas terenyuh, gua pengen kasih sedikit tips tentang SBMPTN berdasarkan pengalaman tahun lalu.

1. Latihan Soal

Yah, kedengerannya mainstream, tapi emang menurut gua yang paling penting itu latihan ngerjain soal. Bisa soal-soal dari bimbel atau dari buku kumpulan soal SBMPTN tahun lalu. Walau soalnya nggak mungkin bakal keluar lagi, seenggaknya kita punya gambaran gimana stresnya soal SBMPTN. Buat yang udah beli buku kumpulan soal, jangan cuma dijadiin pajangan, coba dikerjain dikit-dikit (kalo udah mentok kan bisa ngintip kunci jawabannya hehe). Menurut gua, model soal SBMPTN lebih mirip di buku kumpulan soal. Gak tau kenapa soal di bimbel agak beda sama soal asli SBMPTN. Dan ini bikin gua agak nyesel karena gua baru nyentuh buku kumpulan soal pas deket-deket SBMPTN.

Terus, rajin-rajin konsultasi sama guru bimbel. Minta tolong bahas soal yang nggak lo ngerti. Yah, gua nggak pernah konsul sih *tapi kenapa nyuruh konsul ya*. Biar lo nggak kayak gua gitu, karena soal yang gua anggep susah itu banyak banget (you know soal SBM susah-mantap-luar-binasa) jadinya gua males nanya soal banyak gitu ke kakaknya *iya gua emang pemales makanya gak dapet mat-- sudahlah.

Ohya, gua nggak ngasih tips & trik ngerjain soal TPA, TKD, Saintek, dll ya. Ilmu gua tipis sekali. Di paling bawah gua kasih link recommended artikel yang ngasih tips ngerjain soal.



2. Ikut TO

Bisa TO bimbel atau TO lain dari lembaga dan univ-univ. Jadi kita bisa ngerasain gimana suasana SBMPTN nanti. Lo bisa ngira-ngira kecepatan lo ngerjain soal karena pas ujian kita nggak boleh pake jam tangan dan kalo kita 'beruntung' nggak ada jam di ruangannya, kecuali kalo pengawasnya baek mau nulisin waktu di papan tulis. Ohya, ini nggak penting sih, tapi coba deh pas TO kita pilih duduk di depan. Banyak orang yang grogi atau gugup kalo ujian duduk di depan, kita sekalian ngelatih mental gitu. Waktu TO bimbel gua sering duduk di depan, iseng aja sih, sekalian latih mental, tapi pas SBMPTN untungnya gua duduk di tengah sih.



3. Jangan Kepedean dan Jangan Keminderan

Ini dari pengalaman sih. Maksudnya, jangan terpaku dengan hasil TO lo. Kalo masih rendah belajar lagi, jangan nyerah dan mikir 'udah ah, emang gua bego, gak bakal lulus deh gua', kita kan belom tau gimana nantinya. Kalo lumayan jangan kepedean. Misalnya gua, hasil TO bimbel nunjukkin gua bisa dapet di semua pilihan univ gua, tapi ternyata dihasil SBMPTN kemaren gua dapet di pilihan ketiga =3=) Karena TO bimbel ngakumulasi skor cuma berdasarkan jumlah anak di bimbel tersebut, sedangkan SBMPTN seluruh Indonesia (gua bold biar dramatis), makanya bisa jadi skor kita tinggi di TO bimbel.



4. Cari tahu passing grade universitas

Nah, ini kalo lo udah nentuin pilihan jurusan, kalo belom, bergalau dulu aja kayak gua, tapi jangan kelamaan, sibuk galau tau-taunya udah hari H, oke ini lebay. Pas lo ngedaftar kan harus nyertain jurusan. Misalnya lo mau FK, cari tau passing gradenya lewat internet atau tanya sama alumni dan guru bimbel, cocok nggak sama otak lo. Tapi nentuin universitas tinggi di pilihan pertama nggak ada salahnya, namanya juga mengejar mimpi, tapi pilihan selanjutnya pilih jurusan yang nggak terlalu tinggi.

mungkin begini gambaran kondisi menjelang SBM

5. Jangan terlalu stress

Soal belajar emang harus banget, tapi jangan lebay juga, (mungkin) diantara anak-anak di Indonesia ada yang belajarnya sampe begadang, kurang tidur gitu. Menurut gua sewajarnya aja, bagi waktu kapan belajar dan kapan istirahat. Diselang-seling gitu, belajar, istirahat, belajar lagi, istirahat lagi. Atau bisa pas malem tidur dulu, terus bangun pagi buat belajar. Yang penting sering dicicil, jangan sekaligus wussshh semua kudu dikuasain satu hari, meledak dah otak. Dan SBMPTN nya jangan terlalu dipikirin, aduh gua lulus gak ya, aduh gua nanti dapet jurusannya apa ya. Coba diusahain dulu, kita nggak pernah tau ke depannya gimana. Siapa tau takdir berubah karena kita udah usaha keras.

wah ini gua banget, belajar, pake headphone, dan ditemenin empus 

6. Jangan asal ngisi jawaban

Pasti udah tau penilaiannya kalo bener +4, gak diisi 0, kalo salah -1. Kalo nggak yakin banget sama jawaban lo mending nggak usah diisi. Jangan jebrat-jebret ngasal kayak UN, UN kalo kepepet ngasal gak masalah tapi SBMPTN beda lha. Ini juga yang penting dari latihan soal atau ikut TO, lo bisa ngira-ngira skor lo.



7. Doa

Ini bukan tips sih (atau ini termasuk tips? ._.) tapi mau bilang aja, jangan lupa berdoa, minta sama Allah Swt. supaya lo diterima di universitas yang diinginkan, supaya usaha lo selama ini nggak sia-sia. Tanpa bantuan-Nya lo nggak mungkin bisa ngerjain segala ujian itu, otak untuk berpikir dan mengingat (segala macem materi yang bikin pusing ini) juga dari-Nya. Minta doa juga sama orangtua, ini juga penting.

Mungkin segini dulu, nanti kalo gua dapet ilham gua tambahin.

#Maungebijakdikit Keberhasilan seseorang bukan dilihat dari kepintarannya, tapi dari usahanya.
Yang paling penting bukan di mana kita menuntut ilmu, tapi untuk apa nantinya ilmu itu kita gunakan.

Oke, terakhir, siapkan leher yang baik, bakal nunduk lama soalnya.


Recommend article: Apa Penyebab Utama Gagal SBMPTN
                                  7 Langkah Efektif Belajar SBMPTN
                                 Penyebab Gagal Non-Teknis Dalam Ujian SBMPTN
                                 Persiapan Akhir SBMPTN Tertulis 2014

*Abaikan aja* --> Tanggal 28-29 Mei nanti ada Miku Expoooo!!

No comments:

Post a Comment