Monday, December 3, 2018

Tips Mudah Menghilangkan Jerawat

Edited by canva.com
Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami semua orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit. Bagi orang yang mudah berjerawat akan lebih mengganggu karena jerawat berjumlah banyak muncul di saat yang bersamaan. Saat sudah kempes pun akan meninggalkan banyak bekas jerawat yang menghitam.

Sumber
Jerawat terjadi karena minyak yang disebut sebum keluar dari kelenjar minyak, sebum yang menyumbat pori-pori bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menjadi jerawat. Timbulnya jerawat disebabkan oleh bermacam-macam hal. Salah satunya adalah perubahan hormon saat menanjak usia remaja. Terutama bagi wanita yang mengalami menstruasi setiap bulan.

Sumber
Tidak hanya remaja yang mengalaminya, orang dewasa juga bisa berjerawat akibat sebab lain. Contohnya seperti malas membersihkan wajah, skincare tidak cocok, dan gaya hidup yang tidak sehat. Diperlukan penanganan yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Tidak harus perawatan yang mahal, kita bisa melakukannya sendiri dengan mudah tanpa harus merogoh kocek yang mahal.

Berikut tips mudah untuk menghilangkan jerawat.


1. Memakai Obat Jerawat


Sumber: pribadi
Hal pertama kita lakukan dalam menghilangkan jerawat adalah memakai obat jerawat. Kita bisa menggunakan obat jerawat yang sudah banyak dijual di toko atau di apotek. Banyak yang menyarankan untuk memakai obat jerawat yang berlabel obat keras karena dipercaya lebih cepat membasmi jerawat. Asal kita cocok dan tidak ada efek samping lainnya boleh memakai obat tersebut. Namun alangkah baiknya obat tersebut dipakai atas petunjuk dokter saja.

2. Rajin Membersihkan Wajah


Sumber: pribadi
Berbagai kesibukan yang kita miliki membuat cenderung malas membersihkan wajah. Padahal membersihkan wajah sangat penting untuk mengurangi resiko berjerawat. Wajah akan bebas minyak dan kotoran yang menyumbat pori, sehingga bakteri yang memperparah jerawat berkurang. Membersihkan wajah cukup dua kali sehari menggunakan sabun wajah khusus jerawat. Meski sudah membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil, tetap harus disertai dengan sabun muka dan air.

3. Hindari Gonta Ganti Skincare


Sumber: pribadi
Penggunaan skincare makin meningkat di kalangan wanita. Apalagi di jaman sekarang sudah banyak dijual berbagai merk skincare baru, salah satunya skincare pembasmi jerawat. Wanita kerap tergoda untuk membeli segala skincare baru, sehingga mereka akan rajin mencoba banyak skincare sementara skincare yang lama belum habis. Akibatnya bila tidak cocok dengan skincare tersebut akan menimbulkan reaksi salah satunya jerawat.

Kecuali saat kita memang sedang mencari skincare yang betul-betul cocok. Mau tidak mau kita harus menerapkan trial and error. Resikonya adalah kulit rentan berjerawat akibat belum menemukan yang cocok. Ketika sudah menemukan skincare pembasmi jerawat yang cocok, sebaiknya tidak perlu diganti lagi.

4. Memakai Bahan Alami


Sumber: pribadi
Tidak semua orang cocok dengan bahan kimia dalam produk skincare atau kosmetik. Apalagi bagi mereka yang kulitnya super sensitif sehingga tidak cocok terhadap bahan kimia di dalam skincare. Alternatifnya adalah kita menggunakan bahan alami. Biasanya bahan digunakan untuk mencuci muka atau sebagai masker. Contoh bahan alami yang bagus untuk jerawat adalah campuran lemon dan madu, campuran jeruk nipis dan madu, tomat, timun, lidah buaya, atau masker gandum. Pastikan juga bahwa bahan tersebut sudah sesuai dan cocok dengan kulit. Meski resikonya lebih kecil, nyatanya ada pula yang kulitnya alergi terhadap bahan alami tertentu.

5. Jangan Memegang atau Memencet Jerawat


Sumber
Jerawat yang membesar dan meradang sering membuat kita gemas ingin memegangnya. Bahkan rasanya ingin memencetnya saja supaya cepat hilang. Sebaiknya jangan selalu memegang jerawat, tangan kita merupakan sumber bakteri, bila sembarangan memegangnya jerawat akan makin meradang. Jangan pula memencet jerawat seberapa gemasnya kita ingin jerawat cepat hilang. Saat jerawat pecah, darah, nanah, dan bakteri yang keluar akan mengontaminasi kulit wajah yang bersih disekitarnya. Akibatnya jerawat akan tumbuh lebih banyak.

6. Terapkan Gaya Hidup Sehat


Sumber: pribadi
Gaya hidup sehat juga berpengaruh dalam upaya menghilangkan jerawat. Perbanyak makan makanan bergizi, seperti sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin untuk membantu menghindarkan jerawat. Jangan terlalu banyak memakan makanan pemicu jerawat seperti makanan berlemak, junk food, dan makanan manis. Serta konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi kulit dan membantu detoksifikasi tubuh.

Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh selalu fit, olaharaga juga sebagai salah satu cara terhindar dari stres, olahraga ringan yang sebentar pun tidak masalah asal rutin setiap hati. Selain itu tidur yang cukup setiap hari untuk keseimbangan hormon, terhindar dari stres, dan agar tubuh selalu bugar.



Sumber: pribadi
Itulah beberapa tips untuk menghilangkan jerawat. Menghilangkan jerawat membutuhkan tindakan yang tepat. Tidak sulit untuk melakukannya asal dilakukan secara telaten dan sabar. Dalam menghilangkan jerawat terkadang membutuhkan waktu yang agak lama, tergantung tingkat keparahan jerawat. Ketahui dulu penyebab jerawat tersebut untuk menetukan perawatan yang tepat.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog BukaReview oleh Bukalapak.

2 comments: